Hallo Teman-teman semua.


Terima kasih karna telah berkunjung ke Blog saya ini, jangan bosan-bosan untuk berkunjung agar kita dapat saling berbagi ilmu pengetahuan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan materi kuliah tentang BIOMETRIK berikut adalah contoh dari makalah BIOMETRIK semoga materi atau contoh makalah  ini bermanfaat bagi teman-teman semua.




MAKALAH

BIOMETRIK

 

 

 

 


 

 

DIBUAT  OLEH:

DANIEL YANSEN APASERAY (1711013)

 

DOSEN PENGGAMPU :

IR. WIJAYA W.,M.Eng

 

 

 

 

 

TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER BINA PATRIA MAGELANG

2020




KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul BIOMETIK ini tepat pada waktunya.

 

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dosen Ir. Wijaya W.,M.Eng pada program studi Teknik Informatika mata kuliah BIOMETRIK. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang BIOMETRIK bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen Ir. Wijaya W.,M.Eng, selaku dosen program studi Teknik Informatika mata kuliah BIOMETRIK yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

 

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

 

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.



DAFTAR ISI

 

 

 

HALAMAN JUDUL........................................................................

KATA PENGHANTAR.................................................................. i

DAFTAR ISI................................................................................... ii

 

BAB I PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG................................................................. 1

B.   RUMUSAN MASALAH............................................................ 2

C.   TUJUAN..................................................................................... 2

 

BAB II PEMBAHASAN

A.    APA ITU BIOMETRIK..................................................................................... 3

B.     BAGAIMANA SISTEM BIOMETRIK BEKERJA......................................... 4

C.     FUNGSI BIOMETRIK...................................................................................... 5

D.    TUJUAN SISTEM BIOMETRIK...................................................................... 6

E.     KEUNTUNGAN BIOMETRIK......................................................................... 6

 

BAB III PENUTUP

A.   KESIMPULAN........................................................................... 7

 

 

DAFTAR ISI................................................................................... 8

 



BAB I

PENDAHULAN

 

A.   LATAR BELAKANG

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah BIOMETRIK yang telah diberikan. Dalam makalah ini penulis mendapatkan tugas untuk membuat sebuah makalah mengenai Teknologi BIOMETRIK dengan pembahasan tentang peran dan fungi serta latar dari Teknologi BIOMETRIK   dalam dunia ini.

Biometrik merupakan karakteristik fisik atau perilaku manusia yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara digital. Biometrik terkait dengan akses ke sistem, perangkat, atau data. Dilansir dari laman CSO, Jumat (24/1/2020) beberapa pengidentifikasi biometrik adalah sidik jari, pola wajah, suara, dan irama pengetikan. Biometrik dapat memberikan tingkat kepercayaan yang wajar dalam mengotentikasi seseorang Biometrik berpotensi meningkatkan keamanan perusahaan secara dramatis. Komputer dan perangkat dapat membuka kunci secara otomatis ketika mereka mendeteksi sidik jari pengguna yang disetujui. Menurut survei Ping Identity baru-baru ini, 92 persen perusahaan menilai otentikasi biometrik efektif untuk mengamankan data identitas yang disimpan di tempat. Sebanyak 86 persen mengatakan efektif untuk melindungi data yang disimpan dalam cloud publik.

Survei lain oleh Spiceworks, melaporkan 62 persen perusahaan sudah menggunakan otentikasi biometrik. Sebanyak 24 persen lainnya menggunakannya dalam dua tahun ke depan. Belum lama ini, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkapkan rencana untuk menerapkan sistem biometrik dalam pendaftaran SIM Card (Kartu SIM). Menurut Komisioner Badan Hukum BRTI, I Ketut Prihadi sistem ini diusulkan untuk menghindari pembajakan data konsumen. Dengan cara yang diterapkan saat ini yakni melalui pendaftaran nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), data yang diberikan bisa saja milik orang lain. 



A.   RUMUSAN MASALAH

1.      Apa itu Biometrik?

2.      Bagaimana Sistem  Biometrik bekerja?

3.      Fungsi Biometrik?

4.      Tujuan Sistem Biometrik?

5.      Keuntungan Biometrik

 

B.   TUJUAN PEMBUATAN MAKALAH

1.      Memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Biometrik

2.      Menjelaskan manfaat Biometrik

3.      Untuk apa mempelajari Biometrik

4.      Menjelaskan kinerja Biometrik

 



 

BAB II

PEMBAHASAN

A.   A. APA ITU BIOMETRIK

Biometrik (berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur) secara umum adalah studi tentang karakteristik biologi yang terukur. Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan untuk menganalisis fisik dan kelakuan manusia dalam autentifikasi.

Pengidentifikasi biometrik sangat khas, karakteristik yang terukur digunakan untuk mengidentifikasi individu. Dua kategori pengidentifikasi biometrik meliputi karakteristik fisiologis dan perilaku. Karakteristik fisiologis berhubungan dengan bentuk tubuh, dan termasuk tetapi tidak terbatas pada: sidik jari, pengenalan wajah, DNA, telapak tangan, geometri tangan, pengenalan iris (yang sebagian besar telah diganti retina), dan bau/aroma. Karakteristik perilaku terkait dengan perilaku seseorang, termasuk namun tidak terbatas pada:Ritme mengetik, kiprah, dan suara.

Biometrik adalah karakteristik manusia yang menyusun identitas seseorang seperti fitur wajah, mata, dan bahkan detak jantung. Semua ini bisa dipakai untuk menentukan identitas Anda. Kami memakai pengenalan wajah karena merupakan cara autentikasi biometrik yang efektif.

Biometrik merupakan alat ukur dan analisa statistik dari karakteristik fisik dan perilaku manusia yang dapat digunakan dalam identifikasi dan akses kontrol. Dalam pengidentifikasian, biometrik menggunakan dua macam tipe identifikasi yang dilakukan melalui fisik dan perilaku. Biometrik dengan identifikasi fisik, menggunakan pengenalan wajah, sidik jari, geometri jari (berdasarkan besar dan posisi jari), pengenalan iris dan pengenalan suara. Sedangkan identifikasi perilaku menggunakan pengenalan perilaku khas yang dimiliki masing-masing orang (seperti cara mengetik, menulis, cara berjalan dan beberapa gerak tubuh lainnya).


A. B.  BAGAIMANA SISTEM  BIOMETRIK BEKERJA

Salah satu contoh dari sistem perekam Biometrik adalah mesin absensi dengan sistem perekam biometrik menjadi populer di dunia bisnis. Sistem ini populer digunakan sebagai pelacak data karyawan dan perekam kehadiran. Sistem perekam biometrik mudah dipasang dan mudah digunakan untuk melacak data karyawan. Ini akan memudahkan kinerja manajemen perusahaan untuk menganalisis tiap karyawan. alah satu keunggulan sistem ini adalah menghindarkan pegawai untuk melakukan kecurangan saat absensi. Sistem ini hanya dapat digunakan satu orang dalam satu waktu sehingga tidak akan ada lagi insiden “titip absen”.

 

Biometrik ini jelas lebih unggul dari sistem sebelumnya, yakni mesin time-clock dan mesin gesek tanda pengenal Sebenarnya, bagaimanakah sistem ini dapat bekerja?Apa manfaatnya untuk perusahaan Anda? Simak penjelasannya dalam ulasan di bawah ini.

 

CARA KERJA

Sistem perekam biometrik menggunakan sidik jari Anda untuk mencatat waktu kehadiran dan kepulangan Anda. Perekam biometrik ini juga akan mencatat jumlah karyawan yang datang, pergi, dan pulang dengan akurat setiap harinya. Bagaimana bisa akurat? Dengan menggunakan sidik jari manusia yang tidak akan mudah dicontoh, akurasi pencatatan sistem ini bisa dibilang sempurna. Mesin pencatat yang menggunakan biometrik akan memindai jari karyawan Anda, menentukan koordinat, dan kemudian mencocokkan jari tersebut dengan data yang sudah terekam. Dengan demikian, jika ada penyusup dalam perusahaan, Anda akan dapat segera mengetahuinya karena mereka tidak terdaftar dalam sistem.

 

 C.  FUNGSI BIOMETRIK

Dalam pelaksanaannya secara umum, biometrik memiliki fungsi sebagai: Pendaftaran, Verifikasi dan Identifikasi.

1.      Pendaftaran

Fungsi biometrik sebagai pendaftaran, menyimpan data-data biometrik individu kedalam basis data untuk digunakan nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara perekaman data yang menggunakan informasi dasar dan ciri spesifik individu.

2.      Verifikasi

Proses autentikasi identitas yang dikonfirmasi melalui karakteristik fisik dan perilaku manusia. Dalam pengidentifikasiannya, biometrik menggunakan dua macam tipe identifikasi yang dilakukan melalui fisik dan perilaku. Biometrik dengan identifikasi fisik, menggunakan pengenalan wajah, sidik jari, geometri jari (berdasarkan besar dan posisi jari), geometri daun telinga, pengenalan iris dan pengenalan suara. Sedangkan identifikasi perilaku menggunakan pengenalan perilaku khas yang dimiliki masing-masing orang (seperti cara mengetik, menulis, cara berjalan dan beberapa gerak tubuh lainnya).

3.      Identifikasi

Sistem biometrik memiliki fungsi dalam identifikasi yang memproses pengesahan dan pemadanan. Hal ini dilakukan dengan cara membandingkan ciri-ciri sampel biometrik individu dengan data-data biometrik yang terekam dalam basis data.

 

A.    D. TUJUAN BIOMETRIK

Sistem Biometrik ini digunakan sebagai pengganti dari sistem keamanan kata sandi. Hal ini dikarenakan sistem keamanan yang hanya bergantung pada kode sandi atau kata sandi tidaklah cukup. Rata-rata setiap orang harus mengingat sekitar 25 sampai 150 kata sandi atau kode. Menurut Christopher Millet, kata sandi yang kuat memiliki minimal 15 karakter dengan campuran karakter dan nomor. 

Banyaknya karakter menyulitkan manusia untuk menghafalnya, sehingga banyak dari kita memilih untuk menggunakan kata sandi yang sederhana dan bahkan sering kali menggunakan satu kata sandi untuk beberapa kepentingan yang memudahkan pembajak mengambil alih. Adanya latar belakang inilah yang membuat sistem biometrik diciptakan dan digunakan. Sistem biometrik ditujukan untuk membantu mempermudah sekaligus memperkuat sistem keamanan.


A.   E. KEUNTUNGAN BIOMETRIK

Kehadiran teknologi biometrik di era milenial menghadirkan banyak manfaat. Kegunaannya sangat cocok dengan perilaku generasi milenial yang menginginkan segalanya berjalan dengan cepat dan praktis. Beberapa keuntungan teknologi biometrik lain adalah:

1.      Memanfaatkan Keunikan Manusia

2.      Tidak Merepotkan

3.      Efisiensi Waktu

4.      Melakukan Identifikasi Yang Akurat

5.      Sulit Dipalsukan

6.      Berlaku Umum

7.      Tingkat Keamanan Tinggi



BAB III

PENUTUP

A.   KESIMPULAN

Biometric adalah teknologi untuk mengidentifikasi ciri biologis seseorang. Karakteristik seseorang itu relatif berbeda dari orang ke orang atau dapat dikatakan setiap individu memiliki karakteristik yang unik. Keunikan tersebut lalu dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memverifikasi suatu dokumen, aplikasi, sistem, computer, dan lain sebagainya. Teknologi ini dapat berupa fingerprint scanner, retinal scanner, face recognition dan lain sebagainya.

Teknologi biometric ini telah diimplementasikan pada smartphone, laptop, alat absensi sidik jari, serta alat-alat yang perlu system keamanan. Biometrik bekerja dengan cara menyimpan informasi biologis yang dimiliki seseorang. Lalu, informasi biologis itu disimpan dalam suatu database yang terpusat atau dalam era modern ini data biologis disimpan dalam system local lalu dengan cryptography di kode sehingga proses identifikasi bisa dicapai tanpa akses langsung ke data biometric yang telah tersimpan. Data biometric yang telah disimpan dapat discan dan dikomparasi dengan data biometric yang akan dimasukkan melalui scan data biometric orang yang sama itu lagi. Jika cocok, maka akses akan diberikan.



DAFTAR PUSTAKA

 

Ferri 2020. Keuntungan dan keburukan teknologi biometric menjadi kontroversi diera milenial. https://www.biometrik.id/keuntungan-dan-keburukan-teknologi-biometrik-menjadi-kontroversi-di-era-milenial.html (diakses tanggal 24 maret 2020).

 

AZANI CEMPAKA 2018. Biometrics Authentication and Recognition https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/biometrics-authentication-and-recognition/ (diakses tanggal 24 maret 2020).

 

2018. Bagaimana Sistem Perekam Biometrik Bekerja? https://www.karyaone.co.id/blog/sistem-perekam-biometrik/ (diakses tanggaal 24 maret 2020).

 

2019. Biometrik https://id.wikipedia.org/wiki/Biometrik (diakses tanggal 24 maret 2020)

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Kuliah kerja Lapangan Jawa-Bali

Menghitung Nilai Mahasiswa Dengan Netbeans

MEMBUAT KABEL UTP STRAIGHT & CROSS