Pengalaman Pertama Mendaki

Pendakian Merbabu
Basecamp Selo

Desember 15 2017 saya dan beberapa teman se-kampus STMIK BINA PATRIA MAGELANG dari UKM MAPALA melakukan kegiatan pendakian ke Gunung Merbabu. Dan ini adalah pendakian pertama saya selama di Kota Magelang dan kuliah di STMIK BINA PATRIA MAGELANG.

Pada hari kamis 14 Desember 2017 saya sudah mempersiapkan semua kebutuhan dan peralatan yang akan saya gunakan dalam pendakian. Dan dikarenakan ini pendakian pertama dan saya belum mengerti terlalu banyak untuk packing saya dibantu oleh seorang teman saya untuk mempersiapkan semuanya.

Jalur pendakian Via Selo

Perjalanan pun mulai kami berangkat jumat 15 Desember 2017 pukul 05:00 dari Kota Magelang mengunakan motor kami Se-tim akan mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Selo dan kami sampai di Basecamp Selo tepat pukul 08:30 kurang lebihnya kami pun beristirahat sejenak sambil melakukan persiapan.

Kami pun memulai pendakian tepat jam 10:00 dari Basecamp saat itu saya mengunakan tas carier yang kapasitasnya 70L. Tanjakan demi tanjakan kami lalui sampailah kami di pos 1, sebagai pemula saya sudah mulai merasa lelah namun bagi teman-teman saya lainya berkata kalau itu bagian dari pemanasan karena tantangan sebenarnya masih dijalan keatas lagi

Gunung Merapi

Setelah beberapa menit beristirahat di Pos 1 kami pun melanjutkan perjalan lagi dengan medan dan tanjakan yang lebih menantang lagi yang membuat saya semakin lelah. Dan pada saat perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 hujan pun turun membuat tas carier saya sedikit basah karena telat mengunakan jas hujan dan pelindung tas cariernya.

Tepat pukul 15:00 kami pun sampai di pos kami memutuskan untuk memasang tenda dan tidur di Pos 3 karena lelah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan lagi ke sabananya. Tapi di Pos 3 kami sudah dimanjakan dengan indahnya Gunung Merapi ketika dilihat dari Gunung Merbabu dan indahnya matahari ketika terbenam di sore hari.

Matahari terbit Sabana 1

Kami pun tidur di Pos 3 dan tepat pukul 00:10 kami dikagetkan dan dibangunkan oleh Gempa Bumi yang mengoncang Gunung Merbabu namun kami semua bersyukur karena kami semua aman-aman saja, kami pun kembali melanjutkan tidur. Tepat pukul 06:20 kami bangun dan melakukan perjalanan dari Pos 3 ke puncak. Tanjakan yang tajam menjadi tantang sepanjang perjalanan dari Pos 3 menujuk puncak, tanjakan Pos 3 ke Sabana 1 dan dari Sabana 1 ke Sabana yang terakhir Sabana 2 ke Puncak, membuat benar-benar merasa lelah dan kecapean. Namun karena ini pendakian pertama tekad saya harus sampai di puncak. Namun setelah melawati semua tanjakan yang melelahkan kami pun bernasib kurang beruntung dikarenakan kabut tebal yang menutupi sisi kiri-kanan pandangan kami. Namun sangat merasa senang dan puas karena bisa mencapai puncak Merbabu dengan ketinggian 3.145 MDPL sebagai pendaki pemula.......
Sabana 1

Demikian cerita pengalaman singkat saya pertama kali mendaki gunung..

Terima kasih.

Popular posts from this blog