Cara Menginstal Dan Mengupdate Aplikasi Di Linux Manjaro


Instal Dan Update Aplikasi Di Linux Dengan Terminal







Hallo Sahabat semua......!!



Terima kasih telah mampir di blog saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial atau cara menginstal dan mengupdate aplikasi di Linux dengan Mengunakan Terminal. Jika ada yang kurang dan belum dipahami teman-teman tolong tinggalkan komentar berhubung saya juga baru menggunakan OS Linux berikut penjelasannya.



Pertama-tama bagi teman-teman yang mengunakan os Linux silahkan dibuka Terminalnya terlebih dahulu.


Dalam mengistal Aplikasi di Os Linux terlebih dahulu kita harus mengetehui apakah aplikasi yang akan kita Instal disuport oleh Pacman Linux atau tidak. dalam mengginstal aplikasi di linux ada dua cara yang akan saya jelaskan namun menggunakan satu sarana yang sama yaitu Terminal.

1. menggunakan sudo pacman
sudo pacman adalah perintah yang sering digunakan untuk memanggil aplikasi, dan bisa dipakai
untuk melakukan penginstalan aplikasi dan juga untuk update driver. silahkan teman-teman
masukan perintah seperti dibawah ini dan juga passwordnya untuk proses pengistalan tapi teman-teman harus mengetahui terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut di suport sama pacman atau tidak jika tiidak maka aplikasi tersebut tidak dapat diinstal

"sudo pacman -S (nama aplikasi)
setelah selesai memasuka perintah sudo pacman maka proses pengistalan akan berlansung dengan sendirinya diTerminal Linux sampai selesai.




2. Mengunakan perintah Yay
perintah yay ini gunakan untuk software atau aplikasi yang tidak didukung oleh pacman dan proses mengunakan yay ini tidak terlalu sulit dan hampir sama denga mengunakan pacman namu beda perintah berikut contoh perintah.

"yay -S (nama aplikasi)"



3. Cara mengupdate di Terminal
berikut tutorial mengupdate software dengan menggunakan terminal di Linux 

" sudo pacman -Syyu"



Sekian tutorial singkat tentang menginstal dan mengupdate aplikasi dengan mengunakan terminal pada linux. semoga turial ini membaantu teman-teman terkhusus buat teman-teman yang menggunakan Os linux di laptop maupun Pc-nya



Comments

Popular posts from this blog

Laporan Kuliah kerja Lapangan Jawa-Bali

Menghitung Nilai Mahasiswa Dengan Netbeans

MEMBUAT KABEL UTP STRAIGHT & CROSS