Membuat Menu file Netbeans


Membuat Menu File Di Netbeans







Hallo Teman-teman semua....!!


Terima kasih karna telah berkunjung ke Blog saya ini, jangan bosan-bosan untuk berkunjung agar kita dapat saling berbagi untuk ilmu pengetahuan. Pada kesempatan kali saya akan membagikan tutorial atau cara membuat Menu File di java Netbeans untuk memangil dan mengkaitkan dengan menu lainya, oke kita langsung saja ke pembahasanya.

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Netbeans yang teman-teman punya, kemudian buat sebuah project baru atau java class baru buat teman-teman yang belum mempunyai project javanya. Berhubung disini saya sudah memiliki project yang akan di linkan dengan Menu utama jadi saya tidak perlu lagi membuat programnya. tinggal teman-teman buat Jframe untuk menu utamanya bagi yang sudah memiliki programnya.


 caranya :

1. teman-teman klik kanan pada package dari program yang teman-teman punya trus pilih jframe form untuk membuat desain menu utamanya.

package program



2. Untuk desain jframenya silahkan pilih di sebelah kanan ada pilihan Swing menu silahkan teman-teman pilih yang menu bar, setelah itu untuk item dari menunya teman-teman bisa lakukan dengan cara pilih menu item atau klik kanan pada menu bar yang bertuliskan file. silahkan teman-teman beri nama menu itemnya sesuai dengan program teman-teman yang ingin di lingkan atau dipanggil.


Menu Bar


Menu Item



3. Setelah desain Jframe selesai silahkan klik kanan pada Menu Item yang sudah diberi nama tadi trus kemudian pilih Events - Action - Actionperformend atau bisa dobel klik langsung saja sehingga akan beralih ke source codenya da silahkan teman-teman masukan coding seperti di bawah ini.

new framenya().setVisible(true);
ket :
framenya adalah program saya yang ingin dikaitkan atau dilinkan dengan Menu Utama

source code 


4. Setelah memusakan source codenya silahkan teman-teman Runing programnya maka hasilnya akan seperti pada saat saya melakukan runing dibawah ini dan juga teman- bisa klik pada file dan klik nama program teman-teman dan saya yakin program teman-teman yang dilinkan tadi pasti akan muncul. 

sebelum dipanggil programnya


setelah di panggil programnya



Sekian tutorial Singkat membuat menu utama untuk memanggil project lainya di Netbeans semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Kuliah kerja Lapangan Jawa-Bali

Menghitung Nilai Mahasiswa Dengan Netbeans

MEMBUAT KABEL UTP STRAIGHT & CROSS